Jumat, 21 Oktober 2011

Mise ni Si Nazaruddin

Mise ni si Nazaruddin
(Pinatomu-tomu ni Amanta Jansen Sinamo, sian Buku Kafe Etos)

Adong ma sada ama-ama margoar si Nazaruddin namaraleale dohot raja. Disogot ni ari, ro ma ibana tarhipu-hipu mandapothon amanta raja tu bagas ni rajai. “Marjea ma hita Rajanami, marjea ma bangsonta”
“Bo-bo-bo, ai aha namasa Nazaruddin, sogot dope nei boasa hosa-hosa ho?. Bohim pe nunga sampe marlangan, sai songon n...aung mintop nama portibi on?
“Tutu Rajanami, mansai tutu, lao mintop nama portibion. Tuhan nunga mansai muruk jala tarrimas mamereng portibion, naeng ripashononna nama sude pangisi ni tano on”.
“Ba-ba-ba, aha do didokhon ho Nazaruddin, sian dia dalanna dohonomu naeng ripashonon ni Tuhanta ma hita sude”, ninna raja I mangalusi
“Rajanami, di si dungo ahu nasogot, huanggo nunga tung bau sude portibi on. Manang didia pe bau. Di bilut bau, hujonoki parsinondukhu bau. Di tonga ni bagas pe, sarupa do, sude bau. Lao ahu tu balian, tong bau. Sude nasa hau rodi hariara bolon I pe bau, suan-suanan, harbangan ni huta ro di sude angka hombar balok pe sude bau, sude bau, sude muap. Marjea ma hita rajanami, Nunga muruk Tuhan I, ripashononna nama portibi on, ari kiamat nunga ro”.
“Hohom ma jo ho Nazaruddin, pasonang ma jolo roham. Humosa ma jolo ho satongkin, minum ma jo ho” Ninna raja I pasonangsonanghon si Nzaruddin, laos digoithon ma parhalado di bagas ni raja I asa dilehon si Nazaruddin samangkuk aek”.
Dung sonang si Nazaruddin i, didok raja i ma,”Saonari, laho ma ho tu bilut paridian i, denggan ma ho marsuap, ias bahen buri bohim i. Jala narumingkot paias nang mise mi!”

Hobas ma si Nazaruddin laho tu bilut paridian, di buri ibana ma sude bohina, ro di obukna, sude ma tahe di buri ibana dohot sabun namansai angur. Tarhatotong situtu ma si Nazaruddin dung sae diburi ibana sude bohina dohot obuk nai, dang adong be muap nab au I, sude nunga songon nasomal, garu i tahe taranggo ibana do bau namansai angur, angur aromatic.
Ro ma Si Nazaruddin mandapothon raja i; “ Raja name, tung so huantusi do namasa on sude, tompu dung huburi sude bohingku rodi obukhu, nunga mago sude nabau i, sotarboto tudia laho”.
Margakargak ma rajai. “Ha-ha-ha, Nazaruddin, Nazaruddin, ha-ha-ha, sasintongna dang adong nab au. Na nianggo mi sian nangkin sasintongna holan bau nasian mise mi do i”. Patorang majolo tu ahu, didia ho naborngin modom?, ise donganmu modom? Boasa gabe bau mise mi?
Tarhatotong ma si Nazaruddin, sai diingotingot ibana ma aha namasa nabodari. Tingki naeng derem ibana modom, manang na boha mai, tartiop anakna siampudan na i kotoranna sandiri, manang na boha mai hais hona tu mise ni si Nazaruddin namansai pepe. Ala naso tartaonna be simalolongna gabe tarpodom ma ibana so jolo dipaias mise nai. Ido umbahen nasai bauan ibana sian nasogot.
Mulak ma si Nazaruddin tu bagasna, dang muap bau hape portibi on songon napiningkiran ni ibana, jala dang ripashononna dope portibion songon na hinabiaran ni ibana.
Jamita ni Amanta Jansen Sinamo sian turi-turian on: “sotung do sai taanggo portibion bau, hape hita do mambahen gabe bau” alani tapaias be ma dirinta.
 
Bahasa Indonesia
Kumis Nazarudding
(disadur dari Kafe Etos oleh Jansen Sinamo)

Tersebutlah seorang laki-laki bernama Nazaruddin. Bersahabat karib dengan raja. Suatu hari, tergopoh-gopoh ia berlari ke istana. Dengan tersengal-sengal ia melapor “Celaka baginda, celaka baginda, celaka negeri kita”.
“Loh, ada apa Nazaruddin, pagi-pagi kok kau panic begini?, Kenapa wajahmu pusat pasi begitu, seolah-olah dunia ini mau ...kiamat?”
“Yah, memang dunia mau kiamat baginda. Tuhan murka kepada dunia; Tuhan akan membinasakan kita semua”
“Loh, loh, loh, tunggu dulu; kesimpulannya kok langsung begitu?”, tanya raja menyergah.
“Baginda, begitu bangun, aku mencium dunia sudah bau. Dimana-mana bau. Di kamar, bau. Kudekati istriku, bau juga. Dikamar tamu, sama saja, semua bau. Aku keluar rumah, ternyata juga bau. Pohon-pohon bau, rumput-rumput bau, pagar dan tetangga bau, semuanya berbau, semua busuk. Celaka baginda, Tuhan mulai menghukum dunia, hari kiamat sudah datang!”.
“Tenang Nazaruddin, tenang, tenang, tenangkan dirimu. Tarik nafas dalam-dalam. Minumlah dulu,”, raja menghibur seraya menggamitkan tangan agar pelayan memberinya segeral air.
Sesudah Nazaruddin agat tenang, raja berkata lagi, “Sekarang, pergilah ke toilet and bersihkan dirimu. Paling penting: bilaslah kumismu”.
Nazaruddin menurut. Seluruh kepala, rambut, dan wajahnya ia cuci dengan sabun wangi. Aneh bin ajaib, tak ada lagi bau busuk. Dia bingung dan heran, semuanya kembali normal. Bahkan yang tercium sekarang Cuma semerbak wangi aromatic
Nazaruddin menghadap raja, “Baginda, ini tak masuk akal, ini aneh, ke mana semua bau busuk tadi?”
Raja terpingkal-pingkal. “Ha-ha-ha0ha, Nazarudin, Nazaruddin, ha-ha-ha, sebenarnya tida ada bau busuk. Yang kamu cium sejak tadi itu sebenarnya Cuma bau yang berasal dari kumismu. Coba ceritakan: semalam kamu tidur dimana, tidur dengan siapa, sehingga kumismu bau begitu?”
Terperanjat, Nazaruddin menginga-ingat kejadian semalam. Ketika hamper nyenyak, entah bagaimana mulanya, anak bungsunya memegang kotorannya sendiri, lalu mengoleskannya ke kumis bapaknya yang lebat. Tetapi kantuknya yang sedemikian hebat, sehingga ia tertidur langsung. Itulah biang keladi bau yang membuat Nazaruddin sangat panic di pagi harinya.
Nazaruddin pun kembali ke rumahnya, Dunia tidak busuk seperti yang dia sangka, dan belum akan kiamat seperti yang ia takutkan.

Harap bersihkan dulu kumis anda sebelum anda komentari.

Kamis, 20 Oktober 2011

Parpadanan Marga Sihombing dengan Marga Situmorang Lumbannahor



Didok songon Umpama ni Situmorang Lumban Nahor :

“Namora Panaluan na Mangalap boru Manurung si Uluan,
Patamba Hagabeonna di-Alap ma muse boru Lumbantoruan”

Perkawinan antara Tambun Mulia br Sihombing Lumbantoruan dengan Namora Panaluan Situmorang Lumbannahor ratusan tahun yang lalu, telah mengikat keturunan kedua marga tersebut dalam suatu "parpadanan (janji) sebagaimana permintaan Tambun Mulia br Sihombing Lumbantoruan kepada Hula-hulanya Marga Sihombing Lumbantoruan, yakni:

  1. "Ingkon sude marga Sihombing Lumbantoruan dohononna Tulang, jala hormatanna" (Semua marga Sihombing Lumbantoruan harus menjadi Tulang dan dihormati oleh semua keturunan Tambun Mulia br Lumbantoruan).  Konsekuensi dari pesan (Tona) ini, semua boru Situmorang Lumbannahor keturuanan Tambun Mulia tidak berkenan disunting oleh laki-laki Marga Sihombing Lumbantoruan. "Hot ma ho tongtong gabe Tulangku" (biarlah kamu selalu Tulang saya). Itulah kata-kata yang lazim disampaikan oleh boru Situmorang Lumbannahor keturunan Tambun Mulia br Lumbantoruan apabila ada lelaki Marga Sihombing yang mau melamar dia. 
  2. "Tung naso boi tulahon ni Marga Sihombing Lumbantoruan, molo ro pinompar ni Tambun Mulia mangalap boru Sihombing Lumbantoruan" (Marga Sihombing Lumbantoruan tidak boleh menolak pinangan keturunan Tambun Mulia br Lumbantoruan yang ingin memperistri salah satu boru Sihombing Lumbantoruan
  3. "Tung naso sihataan Sinamot, sibilangan ulos diulaon adat parsaripeon ni pomparan ni Tambun Mulia dohot boru Sihombing Lumbantoruan. Ingkon marsuhat di ampang do". Tidak boleh menghitung "sinamot" yang akan diberikan oleh Marga Situmorang Lumbannahor keturuanan Tambun Mulia dalam adat perkawinan dengan boru Sihombing Lumbantoruan, demikian juga dengan ulos yang akan diserahkan oleh Marga Sihombing Lumbantoruan harus memenuhi sesuai dengan permintaan Situmorang Lumbannahor. 
 Implementasi "Parpadanan' inilah yang kami lakukan pada tanggal 14 Oktober 2011 dalam pelaksanaan adat perkawinan Septi Muharyati Sihombing, boru dari St. P Sihombing/br Simanjuntak dari Keturunan Ompu Mangadum, Tuan Guru Sinomba (Datugalapang, Hutagurgur) dengan IPDA Dunant Situmorang S.st, anak dari St. J Situmorang (+)/br Siahaan dari Pangkalan Brandan, di Gedung Mayora II - Jakarta. 
Tulisan ini ditujukan sebagai dokumentasi dan acuan pelaksanaan paradaton dengan keturunan Tambun Mulia yang menjadi pelajaran bagi kami kaum muda Marga Sihombing Lumbantoruan. 
Secara umum pelaksanaan adat ini tidak ada yang berbeda dengan pelaksanaan adat-adat perkawinan batak lainnya. Satu hal yang berbeda dan sangat terasa adalah suasana keakraban dan rasa hormat dari pihak Situmorang (paranak) selama berlangsungnya acara tersebut. Dimulai dengan penyerahan "tudu-tudu ni sipanganon" yang menyediakan "Sigagat duhut" dari paranak dan "Dengke Simudur-udur" dari parboru, semua rangkaian pelaksanaan adat masih normal-normal saja.









Kekhususan acara adat ini mulai terasa, pada awal "pangkataion akan dimulai. Dipihak Marga Lumbantoruan, karena ruang lingkup adat ini hanya sampai Keturunan Tuan Guru Sinomba, Ompu Raja Natarus sebagai Bona Hasuhuton, menyerahkan tugas Parsinabul kepada anggidoli Ompu Ni Olom. Dari kesepakatan antara namarhaha-maranggi, Anggidoli Ompu Raja ni Olom menyerahkan agar Raja Parsinabul dalam acara adat tersebut dipilih dari salah satu Pomparan dari Ompu Raja Natarus, dan setelah bertukar-kata, akhirnya Anggidoli Siampudan Ompu Raja Sonar bertindak sebagai Parsinabul pada acara adat tersebut. Berbeda dengan Pihak Situmorang (Paranak), karena cakupan adat tersebut sampai kepada Punguan Tuan Situmorang Sipitu Ama, Namora Panaluan Situmorang Lumbannahor sebagai anak kedua dan Hasuhuton menyerahkan kepada enam kakak-beradik untuk menjadi Raja Parhata (parsinabul) dalam pesta tersebut. Setelah bertukar-kata antar 6 kakak beradik Pomparan Tuan Situmorang Sipitu Ama, mereka menyampaikan, karena ada kekhususan hubungan antara Namora Panaluan (Tambun Mulia) dengan hula-hula Sihombing Lumbantoruan, maka mereka menyerahkan agar Raja Parhata diserahkan kepada keturunan Namora Panaluan Situmorang Lumbannahor. Hal ini sebenarnya tidak lazim, karena umpasa yang mengatakan:
"Tinalik huling-huling, tarida holi-holi
Molo hahana marulaon, anggina ma panamboli". 
Dalam adat normal, mestinya salah satu dari Pomparan Tuan Situmorang Sipitu Amalah mestinya jadi parhata (panamboli).


Setelah bertukar kata, kedua belah pihak telah siap untuk memulai "pangkataion". Kalau dalam acara adat normal, biasanya boru dari Paranaklah yang menyerahkan "Pinggan Panungkunan" kepada hula-hula parboru. Akan tetapi dalam acara ini, pihak paranak (Situmorang) secara khusus mengutus 3 orang keturunan Tambun Mulial manortor untuk menyerahkan pinggan panungkunan kepada pihak Lumbantoruan
Rangkaian pembicaraan pelaksanaan adat berlangsung cukup menarik di mana pihak Situmorang dan Lumbantoruan berpegang pada Tona "Tambun Mulia" untuk tidak menghitung Sinamot yang akan diserahkan oleh pihak paranak demikian juga dengan Ulos yang akan diserahkan oleh Marga Lumbantoruan, seperti Parhata Situomorang mengatakan "Tung sude ma ulos na adong di lamari ni Nantulang nami i uloshon tu hami saluhutna beremuna" (semua ulos yang tersimpan di lemari Nantulang itu agar diserahkan kepada semua berenya marga Situmorang).

Rangkaian berikutnya adalah penyerahan Sinamot dari Pihak Paranak ke pihak Parboru dalam bentuk "Marsuhat di Ampang"








Penyerahan Sinamot Marsuhat di Ampang
Penyerahan Sinamot Marsuhat di Ampang




 Panandaion juga berjalan sebagaimana dalam adat perkawinan normal yang diserahkan oleh pihak paranak kepada penerima yang ditunjuk oleh Parboru












Demikian halnya dengan penyerahan "Pinggan Panganan" kepada hula-hula Sihombing Lumbantoruan juga diserahkan langsung oleh Marga Situmorang Lumbannahor.














Penyerahan Tintin Marangkup, Jambar Juhut dan Tuak Natonggi kepada Tulang Paranak










Penyerahan Ulos Pansamot
Siap-siap menerima Ulos Hela










Peneyerahan Ulos Hela
Penyerahan Ulos Hela




Setelah menerima Ulos Hela
Setelah Menerima Ulos Hela





































Peneyerahan Ulos Tinonun Sadari
Penyerahan Ulos kepada Ketua Punguan Tuan Situmorang







Pihak Sihombing menyerahkan Ulos Holong





Penyerahan Ulos Holong



Generasi penerus Namora Panaluan dan Tambun Mulia br Hombing